Beberapa Kewajiban Manusia Beragama

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin wa'ala aliihi wa asshoobihi ajma'iiin.

Kepada rekan-rekan insan muslimin wal muslimah yang dirahmati oleh Allah SWT.

Dari berjuta-juta banyaknya kewajiban seorang manusia, ada 2 hal yang perlu diingat tentang manusia yang beragama dan perlu dipraktikkan. Mari mantapkan iman kita dari 2 hal ini yang kemudian perbaiki lagi diri ini, kemudian cari ilmu dan mantapkan lagi iman kita lagi dan lagi. Hindari hal-hal yang merusakkan iman, meskipun hanya sebagian kecil.
Antara lain kewajiban Manusia yang beragama ialah;

1) Patuh Dengan Sebenar benarnya. (Ta'at)
Tidak ada dengan cara Ta'at kepada Perintah Allah dengan cara milih-milih. Cara yang salah ialah pilih yg suka, buang yang tidak suka dari perintah-perintah Allah Swt. Coba pikir baik-baik. Seorang manusia, yang ta-at apakah sama dengan seorang manusia yg bertopeng dua bahkan lebih?

2) Menyampaikan kepada Yang Lain. (Dakwah)
Ada berbagai macam cara untuk seorang manusia yang ingin belajar, terlebih-lebih ingin mengajarkannya kepada yang lain dengan cara penyampaian yang baik.
Muhammad SAW beserta sahabatnya senantiasa melakukan dakwah yang didasari atas Ilmu dan Kehendak Murni (bukan ta'jub, pamer, ataupun sombong) kepada manusia lain.
Ingatkah akan saudara kita, Bilal yang mengumandangkan adzan?
Sebenarnya, adzan yang didasari dengan ilmu yang baik merupakan Dakwah kepada Insan yang mendengarnya.

Maka, dimulai saat ini mari, tetapkan azam yang baik lagi benar dengan kesungguhan karna Allah SWT semata-mata. Kemudian, mulai lagi beramal kebaikan, dengan berdakwah. Tanpa melupakan kehidupan mencari nafkah, seorang manusia perlulah memantapkan imannya dengan mengingat Allah SWT dengan dizkr. Cobalah lihat bukti-bukti ciptaanNya yang ada di seluruh jagad raya ini dengan keyakinan yang terikat padaNya. Bi Zikrillah. Bi zikrillah. InsyaAllah, semoga Allah SWT merahmati kita dengan kebenaran dan mengelakkan kita dari segala keburukan yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Ud'uu rabbakum tadHorru'aawwakhuffyah
Innahuu Laa yuhibbuulmu'tadiin.

Tafsir;
Pintalah pada Allah Swt dengan kesungguhan, dan dengan lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS: Al-a'raf; 55)

Silakan kunjungi: Find2GetDTruth (Versi Inggris).

Comments

Popular posts from this blog

Dalam Keadaan Apapun Mintalah PadaNya

Arah Tindakan

Bermula dari kebiasaan