Bacalah, Karna TuhanMu Yang Menciptakan

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa alii sayyidinaa muhammad, wa'ala alihii wa asHabihi ajma'in.

Alhamdulillah, Allah SWT masih lagi memberikan kesempatan pada kita untuk dapat bermuhasabah, dan beramal di waktu pagi ini. Kenikmatan yang Allah SWT berikan pada kita, haruslah kita syukuri dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan cara mempergunakan pemberian itu sebaik-baiknya dan sesuai dengan fungsi-nya.
Sebarapa cantiknya keadaan alam, yang begitu megah dan luas terhampar di hadapan mata manusia? Sungguh, ada sesuatu Yang Maha Esa dibalik semua ini. Manusia, yakin akan ketidakmampuan-nya akan penciptaan alam ini. Dan alam ini tidak tercipta hanya begitu saja, kecuali atas Izin Allah SWT dengan Kesempurnaan IlmuNya. Untuk seluruh ciptaan yang ada di atas dunia ini yang setiap satu-nya ialah tercipta atas Kehendak Allah SWT dan atas Kesempurnaan Ilmu Allah SWT pula.
Ialah menjadi kebiasaan manusia yang pada awalnya tidak mengetahui kemudian terbesit rasa keinginan untuk mencari tahu akan sesuatu yang difikirnya ialah kurang begitu jelas, sehingga berlanjut kepada jawaban yang menerangkan secara jelas apa yang ia cari. Dan telah diperintahkan kepada manusia untuk berfikir tentang ke-Agungan Allah SWT dari bukti-bukti yang nyata, dari ciptaanNya yang telah terhampar luas, bahkan dari diri manusia itu sendiri terdapat bukti ke-Agungan Allah SWT. Allah Berfirman;


IQra bismi rabbikaL ladzii khalaQ
khalaQall innsaana min 'alaQ
IQra wa rabbukal akram
Alladzii 'allama bilQalam
'Allamal innsaana maa lam ya'- lam

Tafsir:
Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang menciptakanmu.
Yang menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan memang Tuhanmu lah Yang Maha Mulia.
Yang mengajarkan manusia dengan Pena.
Yang mengajarkan manusia akan apa tidak diketahuinya.
(QS; Al-FalaQ: 1-5 )

Dan demikianlah atas Kehendak Allah SWT pula tersebarnya kitab Quran merata di seluruh muka bumi ini. Apalah lagi alasan bagi kita untuk tidak mempelajarinya? Ketahuilah, bahwasanya hanya orang-orang yang bodoh saja yang menjauh dari keberkahan ilmu.
Mari kita baca quran dengan sebaik-baiknya pembacaan. Jangan terikat dengan ketakutan akan keterbatasan diri, tetapi cobalah dan berdoa kepada Allah SWT, bermunajatlah padaNya agar senantiasa dilimpahkan ilmu dariNya. Karena sesungguhnya karena ketidaktahuan ini lah manusia menjadi faham setelah adanya pencarian ilmu.
Allah SWT Maha Memberikan Rahmat dan Hidayah bagi hamba-Nya yang Ia kehendaki. Begitupula dengan keadaan apabila kita diberikan suatu yang baik, maka sesungguhnya karena Hakikat Allah SWT pula lah sesuatu itu diberikan pada kita. Dan ini ialah menjadi sebuah ujian bagi seorang manusia, sebagai ujian, ya ujian, apakah ia termasuk orang-orang yang bersyukur? Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah yang diertakan kepada orang-orang yang beramal shaleh. InsyaAllah.

Comments

Popular posts from this blog

Dalam Keadaan Apapun Mintalah PadaNya

Arah Tindakan

Bermula dari kebiasaan